Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia dan Indonesia Secara Singkat

Sejarah Permainan Bola Voli – Olah raga bola voli sangat banyak diminati oleh masyarakat dunia dan Indonesia, namun apakah kalian sudah mengetahui sejarahnya? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sejarah permainan bola voli di dunia dan sejarah bola voli di Indonesia beserta pembentukan PBSI (persatuan bola voli seluruh Indonesia). Langsung saja simak selengkapnya.

Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia dan Indonesia

Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia

Pada abad ke 19 para industriawan dan pengusaha di Amerika Serikat merasakan kebutuhan untuk melepaskan ketegangan dari kesibukan pekerjaan mereka sehari-hari. Mereka membutuhkan kegiatan permainan rekreasi. Pada waktu itu permainan bola basket paling populer, akan tetapi kurang cocok sebagai olahraga rekreasi bagi para industriawan dan pengusaha mengingat usia mereka sudah hampir rata-rata setengah baya.

Permainan bola basket dinilai lebih cocok untuk para anak muda, karena mengandung resiko kontak badan. Untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha dalam kegiatan rekreasi, William G, Morgan seorang ahli pemimpin dan ahli olahraga YMCA Holyoke Massachussets menganjurkan olahraga tennis.

Namun olahraga tennis terlalu merepotkan karena membutuhkan banyak perlengkapan, seperti raket, bola dan alat-alat lainnya. Selain itu, cara pemakaiannya juga tidak koopratif. Hal inilah yang kemudian olah raga bola voli diciptakan.

Baca juga: Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Tokoh Pencipta Bola Voli

Tokoh penemu atau pembuat oleh raga bola voli bernama William G Morgan. Setelah ia berhasil menciptakan olahraga ini, ia kemudian memperkenalkan atau mendemonstrasikan cara permainan bola voli melalui 2 regu di hadapan ahli-ahli olahraga YMCA yang sedang berkonferensi di Psiringfiled College.

Sejarah permainan bola voli awalnya diberi nama Mintonette dan pada saat itu mendapat sambutan para ahli meskipun mereka kurang setuju dengan permainan tersebut.

Sejarah Permainan Bola Voli Saat Perang Dunia II

Dalam perang dunia II, permainan bola voli tersebar di seluruh dunia terutama di Eropa dan Asia. Namun pasca perang dunia II, prestasi dan popularitas permainan bola voli di Amerika Serikat menurun, sedangkan di negara-negara lain terutama Eropa Timur dan Asia berkembang secara cepat dan massal.

Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Di Indonesia, permainan bola voli berkembang sejak tahun 1928, yaitu pada zaman penjajahan Belanda (Hindia Belanda). Permainan bola voli berkembang sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat. Hal inilah yang kemudian memunculkan klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia pada saat itu.

Berkembangnya permainan bola voli di Indonesia kemudian menjadi dasar pembentukan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) di kota Jakarta pada tanggal 22 Januari 1945. Pembentukan PBSVI bersamaan dengan kejuaraan bola voli nasional pertama di Indonesia.

Pertandingan bola voli masuk dalam acara resmi seperti dalam PON (Pekan Olahraga Nasional) II di Jakarta dan POM I di kota Yogyakarta. Setelah tahun 1962 perkembangan sejarah bola voli di Indonesia seperti jamur tumbuh di musim penghujan.

Baca Juga: Sejarah Penemuan Radio

Nah demikian pembahasan secara singkat mengenai Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia dan Indonesia. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Sekian, terimakasih.