Sejarah Permainan Sepak Bola di Dunia dan Indonesia [Singkat]

Sejarah Permainan Sepak Bola –  Permainan sepakbola merupakan permainan yang paling populer dewasa ini di seluruh dunia. Secara umum, pengertian sepak bola adalah suatu permainan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan diantara pemain-pemain yang mempunyai tujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola.

Sejarah Permainan Sepak Bola
Sejarah Permainan Sepak Bola di Dunia dan Indonesia

Dalam permainan sepak bola, setiap pemain dapat menggunakan seluruh anggota badan, kecuali tangan dan lengan. Pemain yang boleh menggunakan tangan dan kaki adalah penjaga gawang (kiper).

Permainan sepak bola adalah olah raga beregu, setiap regu terdiri dari 11 pemain, dan beberapa pemain cadangan. Permainan sepak bola dimainkan dalam 2 babak. Setiap babak berlangsung selama 45 menit, artinya waktu yang digunakan untuk bermain adalah 2 x 45 menit plus tambahan waktu disetiap babak pertandingan.

Olah raga sepak bola merupakan olah raga yang melelahkan dan cukup menguras tenaga, oleh sebab itu ada waktu istirahatnya. Waktu istirahat permainan sepak bola yaitu kurang lebih selama 10 menit, dilakukan setelah babak pertama selama 45 selesai.

Baca juga: Sejarah Permainan Bola Voli

Tujuan Permainan Sepak Bola

Tujuan permainan sepak bola adalah mencetak gol ke gawang lawan dan mempertahankan gawang agar tidak kebobolan, sehingga memenangkan pertandingan. Sebuah klub atau kesebelasan dinyatakan menang apabila jumlah memasukan lebih banyak dari jumlah kemasukan.

Apabila sistem pertandingan “liga” maka jika kedua kesebelasan bermain imbang, makan masing-masing kesebelasan mendapatkan poin 1. Namun jika saling mengalahkan, yang menang mendapat poin 3 sementara yang kalah 0.

Kemudian apabila sistem pertandingannya merupakan cup, apabila kedua kesebelasan bermain imbang maka harus diadakan tendangan penalti untuk sehingga diperoleh pemenangnya.

Lalu, bagaimana sejarah permainan sepak bola di dunia dan Indonesia? Berikut ini penjelasannya.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Menurut sejarahnya, olah raga permainan sepak bola sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti ilmiah memperlihatkan, di China sejak Dinasti Han ada semacam sepak bola yang disebut “Tsu Chu” untuk melatih fisik tentaranya.

Bentuk latihannya adalah dengan menendang bola kulit dan memasukannya ke dalam jaring kecil yang dikaitkan di bambu panjang. Pemain hanya boleh menggunakan kaki, dada, punggung, serta bahu sambil menahan serangan lawan.

Di Jepang, sejarah permainan sepak bola juga sudah ada sejak 500 tahun yang lalu yakni dikenal semacam “Tsu Chu“. Di Yunani dikenal dengan nama “Epyskiros“, dan di Romawi dengan nama “Harpastum“, yaitu permainan dengan bola kecil. Permainan umumnya berbentuk menggiring bola ke suatu tempat (gawang).

Baca: Tokoh Penemu Radio

Negara yang Memperkenalkan Sepak Bola

Ada dugaan bahwa orang Romawi membawa permainan sepak bola ke Inggris. Tidak jelas dengan pasti apakah Harpastum merupakan pendahulunya. Sebab di Cronwall sudah dikenal permainan serupa dengan nama “Hurling“. Namun yang pasti, Inggrislah negara yang pertama kali memperkenalkan dan menyebarluaskan permainan sepak bola.

Sejarah Permainan Sepak Bola Modern di Inggris

Sejarah Permainan Sepak Bola Modern

Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Footbool Assosiation“. Kemudian pada tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan-peraturan permainan sepak bola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan.

Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepak bola internasional dengan nama “Federation International de Footbool Assosiation” (FIFA). Kemudian atas inisiatif dari Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepak bola pertama di Montevideo, Uruguay.

Berkat jasanya, maka mulai tahun 1946 piala dunia tersebut dinamakan “Jules Rimet CUP”. Kejuaraan piala dunia diadakan setiap 4 tahun sekali dan mulai tahun 1970 piala tersebut menjadi milik Brasil, sebab negara ini telah berhasil memenangkan piala tersebut sebanyak 3 kali.

Baca: Sejarah Bola Voli di Indonesia

Sejarah Permainan Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Permainan Sepak Bola di Indonesia

Setelah mengetahui sejarah sepak bola di dunia, lalu bagaimana perkembangannya di Indonesia? Di Indonesia sendiri, tanggal 19 April 1930 dibentuk persatuan sepak bola seluruh Indonesia (PSSI), tepatnya di kota Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond.

Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Untuk menghargai jasa-jasanya, dalam upaya membina dan mempertahankan berdirinya PSSI, maka mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepak bola tingkat taruna remaja dengan nama “Piala Soeratin (Soeratin Cup}.

Baca Juga: Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Nah, demikian pembahasan mengenai Sejarah Permainan Sepak Bola di Dunia dan Indonesia beserta pengertian, tujuan, pembentukan FIFA dan PSSI. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar sejarah olah raga. Sekian, terimakasih.