5 Sumber Daya Alam di Dataran Rendah dan Pemanfaatannya

Sebutkan apa saja sumber daya alam yang dihasilkan di dataran rendah? Secara umum definisi dataran rendah adalah hamparan luas lahan dengan tingkat ketinggian yang rendah. Istilah ini juga dapat digambarkan sebagai area tanah yang berada di bawah permukaan laut. Istilah demikian diterapkan pada bagian darat dari lereng ke atas dari kedalaman samudera ke dataran tinggi benua, ke wilayah depresi di pedalaman wilayah pegunungan, ke dataran penggundulan, atau ke daerah mana pun yang berbeda dengan dataran tinggi.

Contoh Sumber Daya Alam Dataran Rendah

Ada banyak sumber daya alam dataran rendah, salah satunya mineral. Sumber daya mineral di Dataran Rendah Tengah telah terakumulasi terutama karena pengendapan sedimen. Batuan permukaan di kawasan ini merupakan lapisan sedimen dari Pennsylvanian dan Permian, ditutupi oleh endapan glasial, sungai, dan angin dari Kuarter dan Holosen. Sumber sedimen non-organik (pasir dan bahan berbutir halus) berasal dari erosi, sementara sedimen karbonat organik terkumpul di laut dangkal untuk membentuk batu gamping. Hutan purba menghasilkan lapisan puing organik yang akhirnya membentuk batubara.

Sumber Daya Alam Dataran Rendah

Baca : Dataran Tinggi di Pulau Jawa

Semua pola pengendapan tersebut telah dipengaruhi oleh fluktuasi siklis di permukaan laut, menghasilkan siklotor : sekuens berulang serpihan terestrial, batu pasir, dan batubara berlapis dengan serpih laut dan batu kapur. Dataran rendah tersebar diseluruh dunia salah satunya St. Lawrence. Tanah di St.Lawrence Lowlands sangat datar. Itu datar karena dataran. Ini memiliki beberapa danau dan sungai. Air mengalir ke lima Danau Besar. Ada tanah tinggi dan dataran rendah. Ada juga banyak clifs panjang dan tinggi. Beberapa Dataran Rendah St. Lawernce adalah pulau-pulau di atas air

Sumber Daya Alam Dataran Rendah dan Pemanfaatannya

Dataran Rendah St. Lawrence ditemukan di beberapa bagian Ontario, seperti Lembah Sungai Ottawa. Kemudian dataran tinggiSt. Lawrence ditemukan di Pulau Anticosti dan beberapa bagian selatan Quebec dan Labrador. Dataran rendah St. Lawrence adalah daerah kecil di Kanada. Ini juga merupakan area pertanian terbesar kedua di Kanada. Sumber Daya Alam apa yang ditemukan di Dataran Rendah St. Lawrence? Sumber daya alam dataran rendah yang ditemukan di St. Lawrence Lowlands adalah hutan, pertambangan, minyak, gas, memancing, berburu, pertanian campuran, ladang buah dan sayuran, air untuk pembangkit listrik tenaga air.

  1. Tanah Subur : Sumber daya paling penting di dataran rendah St. Lawrence adalah tanah yang subur. Tanah dapat membantu menumbuhkan buah yang baik. Buah-buahan populer termasuk apel, pir, anggur, persik, dan banyak lagi Petani menanam sayuran buah seperti buah persik, apel dan anggur.
  2. Sumber Daya Air : Orang menggunakan sistem air untuk minum, membersihkan, manufaktur, rekreasi, pertanian, transportasi dan pembangkit listrik tenaga air.
  3. Sumber Daya Mineral : Ada banyak mineral yang ditambang di dataran rendah St. Lawrence seperti bijih besi, seng, perak, batu bara, tembaga dan timah. Mineral ini adalah sumber daya tak terbarukan sehingga tidak dapat digunakan kembali dan terbatas.
  4. Sumber Daya Terbarukan : Ada sumber daya terbarukan seperti lima danau besar. Mereka memberi kita listrik, air minum, air bersih, dan tanah yang subur. Karena tanahnya begitu subur di sana, para petani dapat menanam tanaman yang baik dan peternakan sapi perah dapat jauh lebih berhasil karena ternak diberi makan dengan baik.

5. Pelestarian Tanaman dan Hewan

Ada banyak vegetasi yang tumbuh di dataran rendah St. Lawrence. Beberapa tanaman termasuk pohon maple, walnut, oak, spruce, hemlock, sassafras, fin, tanaman tembakau, pohon apel, pohon pir, pohon persik, anggur dan banyak lagi. Tanaman ini menyediakan makanan dan kayu untuk kita dan membantu kehidupan kita sehari-hari. Selain itu,  hewan yang hidup di dataran rendah ini contohnya seperti tupai merah, bangau hijau, loon umum, ratu, kardinal dan banyak lagi. Hewan-hewan ini hidup di dataran rendah St. Lawrence karena mereka memiliki cukup makanan bagi mereka untuk hidup.

Baca : Sumber Daya Alam di Daerah Pantai

Dampak Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dataran Rendah

Kekhawatiran Lingkungan Ada beberapa hal yang dikhawatirkan orang-orang di dataran rendah St. Lawrence. Ada banyak polusi di dataran rendah St. Lawrence karena orang-orang. Tumpahan minyak, hujan asam, sampah dan banyak lagi adalah beberapa hal yang mencemari air, udara dan Bumi. Tumpahan minyak terjadi ketika minyak bocor keluar dari kapal tanker. Itu akan mengotori udara dan terkadang air. Sangat sulit untuk membersihkan tumpahan minyak dan dibutuhkan banyak pekerjaan. Hujan asam terjadi karena asap. Asap naik ke udara dan masuk ke awan.

Baca : Sumber Daya Alam di Pulau Jawa

Kemudian asap itu akan mencemari tetesan air dan ketika hujan itu akan hujan air yang tercemar. Ini buruk untuk banyak hal seperti rumah, Bumi, udara, air dan banyak hal lainnya. Sampah adalah sampah yang tidak kita lakukan, jadi kita membuangnya. Kemudian orang-orang sampah menggali lubang di Bumi dan membuang sampah ke dalam lubang. Semakin banyak orang di sana, semakin banyak sampah yang ada dan semakin banyak sampah semakin banyak polusi yang ada. Itu sebabnya kita perlu melindungi lingkungan sebaik mungkin.

Mata Pencaharian Penduduk Dataran Rendah

Ada banyak pekerjaan di dataran rendah St. Lawrence. Berikut ini beberapa pekerjaan yang mungkin Anda temukan di sana seperti bertani, menumbuhkan tanaman sehat dan kemudian menjualnya ke pasar super dan toko kelontong. Manufaktur, membuat benda-benda seperti mobil, sepeda, mainan, lampu, makanan, dan banyak benda lain menggunakan mesin. Menambang, menggali ke bumi dan mencari mineral. Logging, menebang pohon untuk kayu dan produk lainnya.

Manufaktur di dataran rendah St. Lawrence mungkin adalah salah satu pekerjaan paling penting di Kanada. Sebagian besar pabrik di dataran rendah St. Lawrence terletak di Golden Horse Shoe. Dataran rendah St. Lawrence memproduksi barang-barang khusus seperti baja, bijih besi, batu bara dan batu kapur. Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang sumber daya alam dataran rendah.

Artikel Terkait :

One Comment