7 Sumber Daya Alam di Pulau Kalimantan

Apa saja sumber daya alam yang dihasilkan di Pulau Kalimantan? Jika sebelumnya kita membahas tentang sumber daya alam di Pulau Sumatera, nah pada kesempatan kali ini kita akan menyebutkan dan menjelaskan sumber daya alam di Kalimantan secara lengkap beserta daerah-daerah penghasilnya. Sebagian besar sumber daya alam di Pulau Kalimantan yang telah dimanfaatkan atau di eksploitasi yaitu berasal dari hasil tambang.
Namun tidak hanya hasil tambang saja, masih banyak sumber daya alam di Kalimantan yang memiliki potensi besar. Seperti sumber daya alam hayati yang dihasilkan mahluk hidup, contohnya seperti kayu. Hal ini karena pulau kalimantan memiliki kayu yang begitu melimpah. Namun apabila berlebihan dalam pemanfaatannya maka akan berdampak buruk bagi lingkungan dan ekosistem di dalamnya.
Sumber Daya Alam di Pulau Kalimantan
Pulau kalimantan dijuluki sebagai “Pulau Seribu Sungai”, sebab memiliki banyak sekali sungai di dalamnya. Luas pulau kalimantan yaitu kurang lebih sekitar 743.330. Sebagian besar wilayah di Pulau Kalimantan merupakan bagian dari wilayah kedaulatan Republik Indonesia. Sementara sebagian kecilnya termasuk wilayah negara Malaysia dan Brunei Darussalam. Langsung saja berikut ini potensi sumber daya alam di Pulau Kalimantan.

Sumber Daya Alam di Pulau Kalimantan

Pulau kalimantan adalah lumbungnya hasil tambang. Banyak sumber daya alam berupa hasil tambang telah dimanfaatkan oleh pemerintah daerah. Tidak hanya hasil tambang, hasil hutan juga sangat melimpah. Sehingga beberapa provinsi di Kalimantan memiliki pemasukan yang besar. Di bawah ini telah kami rangkum sumber daya alam di Pulau Kalimantan, meliputi :
1. Batubara
Batubara merupakan hasil tambang yang terbesar di Pulau Kalimantan. Beberapa daerah penghasil batubara di Kalimantan yaitu Kabupaten Kutai Timur di Provinsi Kaltim. Selain di Kalimantan Timur, tambang batubara juga terdapat di Provinsi lainnya seperti di Kalteng, Kalsel dan Kalbar.
2. Minyak Bumi
Selain batubara, Pulau Kalimantan juga merupakan penghasil minyak bumi, bahkan terbesar kedua di Indonesia setelah Riau. Lokasi tambang minyak bumi di Kalimantan sebagian besar terdapat di lepas pantai. Beberapa daerah penghasil minyak bumi di kalimantan yaitu Pulau Bunyu, Balikpapan, Kutai dan Pulau Tarakan.
3. Bauksit
Bauksit adalah biji aluminium. Salah satu daerah penghasil bauksit di Pulau Kalimantan yaitu Singkawang (Kalimantan Barat).
4. Emas
Penghasil emas terbesar di Indonesia adalah di Freeport (Papua). Namun di pulau kalimantan juga terdapat beberapa tambang emas. Salah satu daerah penghasil emas di kalimantan yaitu Sambas (Kalimantan Barat).
5. Besi
Daerah penghasil besi di Pulau Kalimantan adalah Pulau Sebuku di Kalimantan Selatan. Namun hasil tambang besi tidak sebesar batubara. 
6. Kayu Hutan
Salah satu SDA hayati di Pulau Kalimantan adalah kayu. Kalimantan merupakan penghasil kayu hutan terbesar di Indonesia. Terdapat banyak hutan produksi di pedalaman kalimantan. Bahkan kualitas kayu yang dihasilkan tidak kalah dibandingkan dengan hasil kayu di Sumatera dan Jawa. Beberapa jenis kayu yang dihasilkan seperti kayu ulin, jati, meranti, kapur, kruwing, dan bengkriang. 
7. Rotan
Pusatnya industri rotan di Kalimantan yaitu di Kalteng. Beberapa daerah pengolahannya seperti di Kab. Kotawaringin, Kab. Katingan dan Kota Palangkaraya. Beberapa kerajinan tangan yang dihasilkan dengan menggunakan bahan rotan yakni seperti tas, topi, tikar, sajadah, kursi bahkan tempat untuk menaruh bunga.
Baca Juga :
Itulah 7 Sumber Daya Alam di Pulau Kalimantan baik itu hayati maupun non hayati. Semoga pembahasan diatas bermanfaat dan berguna bagi pembaca semua. Baca juga artikel informatif dan menarik lainnya. 
One Comment