16 Potensi Sumber Daya Alam di Pulau Sumatera

Sebutkan dan jelaskan apa saja sumber daya alam yang ada di Pulau Sumatera? Pertanyaan tersebut merupakan rumusan masalah yang akan kita bahas pada artikel kali ini secara lengkap. Sumatera merupakan salah satu pulau yang terletak di negara Indonesia. Memiliki luas kurang lebih 473.481 km2, menjadikannya pulau terbesar ke 6 di dunia. Selain besar, potensi sumber daya alam di Pulau Sumatera juga sangat melimpah. Apabila dimanfaatkan dengan maksimal oleh pemerintah pusat atau pun pemda, bukan tidak mungkin pemasukan negara akan meningkat, yang kemudian digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.
Sumber daya alam di Pulau Sumatera meliputi bahan tambang yang terdapat di daratan dan di lautan, seperti minyak minyak bumi. Namun ada juga sumber daya alam Sumatera yang terdapat di laut, contohnya seperti ikan yang begitu melimpah. Selain dikenal dengan nama “Sumatera”, pulau yang terletak di barat Indonesia ini memiliki beberapa julukan, seperti Pulau Percha, Suwarnadwipa dan Andalas. Langsung saja, berikut ini potensi sumber daya alam di Pulau Sumatera yang harus kita ketahui.

Sumber Daya Alam di Pulau Sumatera

Sumber Daya Alam di Pulau Sumatera

Dari banyaknya potensi sumber daya alam di Sumatera, berikut ini telah kami kelompokan menjadi 2, yaitu sumber daya alam hayati dan non hayati. Kedua jenis sumber daya alam ini memiliki perbedaan, yaitu bisa diperbaharui dan tidak bisa diperbaharui. Berikut ini selengkapnya.
1. Sumber Daya Alam Hayati di Pulau Sumatera
Sumber daya alam ini berasal dari mahluk hidup seperti tumbuh-tumbuhan yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat atau sesuatu yang dapat dimanfaatkan. SDA hayati dapa diperbaharui, jadi dalam pemanfaatannya bisa terus dilakukan. Berikut ini contoh sumber daya alam hayati di Sumatera, meliputi :
  1. Kelapa Sawit : Sumatera merupakan gudangnya kelapa sawit. Kelapa sawit adalah salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia. Beberapa daerah penghasil kelapa sawit di Sumatera yaitu Provinsi Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.
  2. Karet : Selain kelapa sawit, Pulau Sumatera juga penghasil karet. Beberapa daerah penghasil karet misalnya di Sumatera Utara, Riau dan Aceh.
  3. Kopi : Sumber daya alam di Sumatera selanjutnya adalah kopi. SDA hayati ini dihasilkan oleh daerah Aceh dan Sumatera Utara.
  4. Cengkeh : Salah satu wilayah penghasil Cengkeh di Sumatera adalah Jambi.
  5. Kina : Komoditas lain di Pulau Sumatera yaitu Kina. Dihasilkan oleh daerah-daerah di Provinsi Sumatera Barat, terutama di Tanah Kerinci.
  6. Minyak Atsiri : Minyak Atsiri juga salah satu sumber daya alam yang dihasilkan Pulau Sumatera. 
  7. Kayu Manis : Kayu manis terdapat di daerah Jambi dan beberapa daerah di Sumatera Barat.
  8. Udang : Salah satu penghasil udang terbesar di Sumatera adalah Provinsi Lampung.
  9. Ikan : Selain udang, iklan juga merupakan salah satu sumber daya alam yang potensial di Pulau Sumatera. Beberapa daerah penghasil ikan terbesar yaitu di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.
  10. Cokelat atau Kakao :Suka coklat? SDA hayati ini memiliki potensi yang besar dan sedang berkembang di Pulau Sumatera. Salah satu daerah penghasilnya yaitu di Provinsi Lampung.
2. Sumber Daya Alam Non Hayati di Pulau Sumatera

Sumber daya non hayati berasal bukan dari mahluk hidup. Jenis sumber daya alam ini tidak dapat diperbaharui, jadi apabila terus digali dan dimanfaatkan maka akan habis pada waktunya. Daerah yang memiliki potensi besar sebagai sumber daya alam di Pulau Sumatera yaitu di Provinsi Sumatera Barat. Namun di beberapa daerah juga tidak kalah banyaknya. Berikut ini sumber daya alam yang dimaksud :
  1. Minyak Bumi : Pulau Sumatera merupakan penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Baik yang berlokasi di daratan atau di lautan. Ladang minyak bumi di Sumatera terdapat di beberapa daerah. Contohnya seperti di Riau (Duri, Dumai dan Bengkalis), Sumatera Selatan (Sungai Gerong dan Plaju) dan di Sumatera Utara (Pangkalan Brandan).
  2. Gas Alam : Selain minyak bumi, gas alam juga memiliki potensi yang besar sebagai sumber daya alam di Pulau Sumatera. Daerah penghasil gas alam di Sumatera yaitu Natuna, Arun, dan Kepulauan Anambas.
  3. Batubara : SDA ketiga yaitu batubara. Jenis sumber daya alam ini juga banyak terdapat di Pulau Sumatera. Contohnya seperti di Lahat dan Tanjung Enim (Sumsel), dan Sawah Lunto (Sumbar).
  4. Timah : Penghasil timah di Pulau Sumatera adalah daerah Tanjung Pinang di Kepulauan Riau.
  5. Semen : Selain batubara dan timah, semen juga merupakan SDA yang tidak kalah berpotensi. Salah satu daerah penghasilnya adalah Indarung di Sumatera Barat.
  6. Granit dan Bauksit : Granit terdapat di Karimun (Kepri), sementara penghasil Bauksit yaitu Tanjung Pinang (Kepri).
Baca Juga :
4. Potensi Sumber Daya Alam di Pulau Papua
Itulah 16 Potensi Sumber Daya Alam di Pulau Sumatera. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Jika dirasa menarik, silahkan share ke teman-teman kalian. Baca juga artikel menarik dan informatif lainnya. Terimakasih.
3 Comments