7 Sumber Sejarah Kerajaan Kediri dan Gambarnya

7 Sumber Sejarah Kerajaan Kediri dan Gambarnya – Kerajaan Kediri atau nama lainnya “Panjalu” terletak di Jawa Timur dengan pusat ibu kota berada di Daha, berdiri dan berkembang antara tahun 1042 sampai 1222 Masehi.  Beberapa bukti peninggalan yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah Kerajaan Kediri berupa prasasti, berita asing dan situs. Berikut ini daftar dan penjelasannya, baik sumber dari dalam maupun luar negeri.
Sumber Sejarah Kerajaan Kediri : Prasasti Ngantang

Sumber Sejarah Kerajaan Kediri

1. Prasasti Turun Hyang II

Berangka tahun 1044, ditemukan di Desa Truneng, Kecamatan Kemlagi, Mojokerto. Isi prasasti ini menceritakan tentang nama raja-raja Jenggala dan dijelaskan pula raja kediri bernama Samarawijaya. Prasasti Turun Hyang dibuat untuk penghargaan penduduk setempat dalam membantu Jenggala menghadapi Kerajaan Kediri.

2. Prasasti Sirah Keting

Prasasti berangka tahun 1104 masehi, menceritakan tentang raja-raja Kerajaan Kediri saat ibukotanya berada di Daha. Raja-raja yang disebut dalam prasasti ini antara lain ; Sri Samarawijaya dan Sri Jayawarsa.
Baca Juga :
  1. Sejarah Kerajaan Mataram Kuno
  2. Sejarah Kerajaan Kanjuruhan

3. Prasasti Ngantang

Ditemukan di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Berisi mengenai penghargaan kepada masyarakat setempat atas dukungan terhadap raja Jayabaya melawan Jenggala. Beberapa semboyan seperti “Panjalau Menang” dan “Panjalu Jayanti” terdapat dalam prasasti yang berangka tahun 1145 Masehi ini.

4. Prasasti Kamulan

Sumber sejarah Kerajaan Kediri ini dibuat pada masa Raja Kertajaya, ditemukan di Desa Kamulan, Kec. Durenan, Trenggalek. Nama kediri terdapat pada isi prasati yang berangka tahun 1194 Masehi ini. Isinya menceritakan tentang pemberian hadiah berupa tanah bebas pajak kepada rakyat Desa Ngantang.

5. Prasasti Jaring

Prasasti berangka tahun 1181 Masehi, dibuat pada masa Raja Gandra. Isinya sangat unik, yakni beberapa nama hewan seperti Tikus Finda dan Kebo Waruga.

6. Kronik Cina

Salah satu sumber sejarah Kerajaan Kediri dari luar negeri yaitu kroni China karya Ku Fei berjudul Ling Wai Tai Ta tahun 1178. Pada kronik tersebut dijelaskan bahwa terdapat 3 negeri/negara paling kaya saat itu selain China, yakni Sumatera, Jawa dan Arab. Di sumatera ada Kerajaan Sriwijaya, Jawa Panjalu dan Arab Bani Abbasiyah.

7. Situs Tondowongso

Satu lagi penemuan yang diyakini sebagai peninggalan Kerajaan Kediri adalah Situs Tondowongso, terletak di Dusun Gayam, Kec. Gurah, Kediri. Luasnya 1 Hektar, ditemukan pada awal tahun 2007 berupa komplek percandian. Situs ini diyakini sebagai peninggalan kerajaan Kediri karena gaya tatahan arca dan bentuknya.

Baca Juga :

Itulah 7 Sumber Sejarah Kerajaan Kediri yang dapat kita jadikan bukti konkrit bahwasanya Kediri memang benar-benar pernah ada, dan berdiri pada masanya.

Informasi lebih lengkap terkait masa kejayaan, kehidupan politik dan raja-rajanya bisa anda baca disini : Sejarah Kerajaan Kediri