12 Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya Dari Dalam dan Luar Negeri

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya – Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Sejarah Kerajaan Sriwijaya mulai dari awal berdiri hingga keruntuhannya. Pada pembahasan tersebut dijelaskan bahwa Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar yang pernah berdiri di Nusantara, tepatnya di Pulau Sumatera. Kerajaan ini berdiri selama kurang lebih 8 abad yakni dari abad ke 7 sampai 15 masehi.

Agar pemahaman kita mengenai keberadaan kerajaan ini, tentu kita harus mengetahui sumber sejarah kerajaan Sriwijaya. Apa saja sumber atau bukti sejarah kerajaan Sriwijaya? pertanyaan tersebut mungkin tidak asing kita dengar, karena kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu materi saat pembelajaran sejarah di sekolah. Baca : Letak Kerajaan Sriwijaya Menurut Para Ahli

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Adapun sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dibagi menjadi 3 kategori. Kategori pertama yaitu sumber dari dalam negeri, kedua sumber dari luar negeri dan yang ketiga yaitu sumber berita dari asing (luar negeri). Dengan mempelajari sumber sejarah tersebut, kita jadi lebih percaya dan paham bahwa kerajaan maritim terbesar yang pernah berdiri di Pulau Sumatera ini benar-benar nyata. Berikut ini rincian sumber atau bukti sejarah tersebut.

Baca Juga : Kehidupan Politik Kerajaan Sriwijaya

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya dari Dalam Negeri

Apa itu sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri? sumber dari dalam negeri maksudnya adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan bukti mengenai keberadaan kerajaan Sriwijaya, sumber ini berada di Indonesia. Sumber dari dalam negeri mengenai kerajaan Sriwijaya berupa peninggalan-peninggalan yang ada. Peninggalan sejarah bisa berupa candi dan prasasti. Kebanyakan sumber bukti peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya adalah berupa prasasti.

Prasasti Kedukan Bukit

Prasasti Kedukan Bukit Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Prasasti ini ditemukan di Sumatera Selatan, tepatnya di Kampung Kedukan Bukit, Kelurahan 35 Illir, Kota Palembang. Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya ini ditemukan di sungai Tatang yang alirannya menuju sungai Musi. Baca : Isi Prasasti Kedukan Bukit

Prasasti Kota Kapur

Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya selanjutnya yaitu prasasti kota kapur. Prasasti ini ditemukan di Dusun bernama Kota Kapur, lokasinya berada di pesisir barat pulau bangka. Tokoh penemu prasasti ini yaitu bernama J.K van der Meulen. Baca : Isi Prasasti Kota Kapur

Prasasti Talang Tuwo

Prasasti selanjutnya yang merupakan sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri yaitu prasasti talang tuwo. Prasasti ini ditemukan pada tanggal 17 November 1945 di kaki bukit Seguntang. Penemunya bernama Louis Constant Westenek. Selengkapnya : Isi Prasasti Talang Tuwo

Prasasti Karang Birahi

Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya selanjutnya adalah prasasti karang birahi. Prasasti ini ditemukan oleh L.M Berkhout pada tahun 1904. Lokasinya berada di Dusun Batu, Desa Karang Birahi, Kec. Pemenang, Kab. Merangin, Jambi.

Prasasti Palas Pasemah

Prasasti kelima yang merupakan sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri yaitu prasasti palas pasemah. Prasasti ini ditemukan di tepi sungai pisang, Lampung. Baca: Isi Prasasti Palas Pasemah

Prasasti Telaga Batu

Prasasti terakhir yaitu prasasti telaga batu. Prasasti ini ditemukan pada tahun 1935 di sekitar kolam telaga batu, tepatnya di Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, Sumsel. Baca: Isi Prasasti Tugu

Itulah 6 prasasti yang merupakan sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri. Prasasti-prasasti tersebut berada di Pulau Sumatera yang merupakan wilayah pusat dari kerajaan Sriwijaya. Mungkin saja masih banyak peninggalan dari dalam negeri yang belum ditemukan, jadi hanya 6 prasasti tersebut yang dapat digunakan untuk sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari dalam negeri.

Artikel menarik: Raja Terkenal Kerajaan Sriwijaya

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya Dari Luar Negeri

Apa itu sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari luar negeri? Sumber berasal dari luar negeri maksudnya segala bukti mengenai kerajaan Sriwijaya yang berhasil ditemukan di luar Nusantara (Indonesia saat ini). Setidaknya ada 4 peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya yang dapat dijadikan sumber sejarah kerajaan tersebut. Adapun sumber tersebut adalah sebagai berikut :

Prasasti Nalanda

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Prasasti Nalanda merupakan sebuah prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di India Timur. Prasasti ini berisi mengenai penghargaan kepada raja Balaputradewa yang diberikan oleh raja Dewa Paladewa dari India.

Prasasti Ligor

Prasasti selanjutnya yang dapat dijadikan sebagai sumber sejarah kerajaan Sriwijaya yaitu prasasti ligor. Prasasti ini ditemukan di Thailand, tepatnya daerah Tanah Genting. Isi prasasti ini berisi mengenai keagungan raja Wisnu dan keluarganya. Baca: Isi Prasasti Ligor

Prasasti Leiden

Prasasti ketiga ini merupakan prasasti yang ditemukan di India. Isi prasasti leiden yaitu mengenai peresmian wihara yang merupakan permintaan dari raja Sriwijaya.

Prasasti Kanton

Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya ke empat yang ditemukan di luar negeri yaitu prasasti kanton. Prasasti ini berangkat tahun 1079 masehi. Ditemukan di Kanton, China. Isinya mengenai bantuan yang diberikan oleh raja Sriwijaya dalam perbaikan kuil di Kanton.

Baca: Sumber Sejarah Kerajaan Mataram Kuno

Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya Dari Berita Asing

Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari berita asing meliputi beberapa negara, diantaranya dari berita Arab dan berita China (Tiongkok). Berikut ini penjelasan mengenai sumber tersebut :

Sumber Berita Dari Arab

Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari berita asing salah satunya berita dari Arab. Berita dari arab merupakan sebuah catatan arab kuno yang ditulis oleh tokoh bernama Al Beruni dan Hordadheh. Dalam catatan tersebut dijelaskan bahwa ditemukan mengenai kemakmuran kerajaan Sriwijaya atau disitu disebut dengan “Zabag”. Pada catatan tersebut juga dijelaskan bahwa kerajaan zabag mampu menghasilkan emas yang sangat banyak setiap tahunnya.

Baca: Faktor Penyebab Kemunduran Kerajaan Sriwijaya

Sumber Berita Dari Cina

Sumber sejarah kerajaan Sriwijaya dari berita asing yang ke dua yaitu berita dari China. Informasi mengenai kerajaan Sriwijaya diperoleh dari catatan tokoh pendeta bernama I Tsing. Dalam catatannya, ia menyebutkan bahwa pernah singgah di kerajaan Sriwijaya pada tahun 671 masehi. Ia singgah ke kerajaan Sriwijaya dalam perjalanan menuju India.

Dalam catatan yang dapat dijadikan sumber sejarah kerajaan Sriwijaya tersebut juga dijelaskan mengenai perkembangan kerajaan Sriwijaya yang berkembang pesat menjadi pusat kegiatan agama Budha di Asia Tenggara. Selain menjadi pusat kegiatan agama, kerajaan ini juga maju dalam bidang militer dan pelayarannya.

Itulah pembahasan mengenai Sumber Sejarah Kerajaan Sriwijaya dari Dalam dan Luar Negeri serta Berita Asing.Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa like, share dan baca artikel menarik lainnya mengenai kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Baca Juga bukti atau sumber sejarah kerajaan Hindu Budha dan Islam lainnya : Sumber Sejarah Kerajaan Majapahit, Sumber Sejarah Kerajaan Singasari, Sumber Sejarah Kerajaan Aceh, Sumber Sejarah Kerajaan Pajang, dan Sumber Sejarah Kerajaan Tarumanegara.

Sumber referensi:

  • Buku Notosusanto, Nugroho, dkk. 1984. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka
  • Wikipedia