Teknik Dasar Bola Voli: Umpan, Smash, Blok dan Penjelasannya

Teknik Dasar Bola Voli – Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mempelajari tentang teknik dasar permainan tenis meja dan juga sejarah permainan bola voli. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang teknik dasar permainan bola voli dan penjelasannya secara lengkap.

Baca: Sejarah Bola Voli di Dunia dan Indonesia

Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli yang harus kalian pahami yaitu meliputi teknik umpan atau passing, teknik smash dan teknik block atau bendungan. Secara umum, ketiga teknik tersebut harus dikuasai oleh seorang pemain bola voli. Dengan menguasai ke-3 teknik tersebut, kalian dapat menguasai permainan bola voli.

Teknik Dasar Bola Voli
Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya

Langsung saja berikut ini penjelasan teknik-teknik dasar permainan bola voli yang sudah disebutkan tersebut. Simak selengkapnya.

Baca: Sejarah Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Mengumpan (Passing)

Teknik dasar permainan bola voli yang pertama adalah teknik mengumpan. Mengumpan adalah suatu usaha atau upaya seorang pemain dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu untuk menyajikan bola yang dimainkannya kepada teman seregunya yang selanjutnya dapat dilakukan serangan smash terhadap regu lawan.

Teknik mengumpan pada permainan bola voli pada dasarnya sama dengan teknik passing. Perbedaannya hanya pada tujuan dan bentuk lintasan bola. Teknik mengumpan dapat dilakukan dengan baik, dengan pass atas maupun pass bawah.

Namun jika ditinjau dari segi keuntungan pelaksanaannya lebih menguntungkan jika dilakukan dengan teknik passing atas. Mengumpan dengan pass atas akan mengenai sasaran yang lebih tepat jika dibandingkan dengan teknik pass bawah.

Umpan yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain :

  • Bola harus melambung dengan tenang di daerah serangan di lapangan sendiri.
  • Ketinggian bola yang dilambungkan harus cukup tinggi, agar dapat dengan mudah dismash oleh smasher.
  • Jarak umpan dengan net harus sesuai dengan jenis serangan yang diinginkan. Pada umpan normal, jarak bola dengan net berkisar antara 20 hingga 50 cm.

Cara Melakukan Passing Atas Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya
Teknik Dasar Bola Voli Passing Atas

1. Mengambil Sikap Siap Normal

Yakni pemain berdiri dengan salah satu kaki berada di depan, kaki yang lain dibelakang. Apabila tidak kidal, sebaiknya kaki kiri berada lebih ke depan dari pada kaki kanan. Lutut ditekan dan badan agak condong sedikit kedepan dengan tangan dalam sikap siap dan berada di depan dada.

2. Pada saat akan mengumpan, maka segeralah menempatkan diri dibawah bola, dan tangan diangkat keatas depan kurang lebih setinggi dahi. Jari-jari tangan membentuk setengah bulatan.

3. Jari-jari satu sama lain sedikit direnggangkan dan kedua ibu jari membentuk satu sudut.

4. Penekanan bola pada jari adalah diruas pertama dan kedua, terutama ruas pertama dan ibu jari.

5. Pada saat jari-jari menyentuh bola, jari-jari agak ditegangkan. Pada saat itu juga diikuti gerakan pergelangan tangan kearah depan atas agak eksposif.

6. Setelah bola berhasil diumpan, maka lengan harus lurus sebagai suatu gerakan lanjutan. Kemudian diikuti dengan badan dan langkah kaki ke depan agar koordinasi tetap terjaga dengan baik. Gerakan tangan, pergelangan, lengan dan kaki lurus merupakan suatu gerakan yang harmonis, serta pandangan kearah jalannya bola.

Baca: Perlengkapan Permainan Tenis Meja

Teknik Dasar Smash Bola Voli

Teknik dasar bola voli kedua yang harus kalian kuasa adalah teknik smash. Smash adalah memukul bola kelapangan lawan dengan keras, sehingga bola bergerak melewati atas jaring dan mengakibatkan pihak lawan sulit untuk mengembalikannya. Teknik smash paling efektif dalam permainan bola voli adalah teknik smash spike atau memukul bola dari atas jaring.

Teknik Dasar Bola Voli Smash
Teknik Dasar Bola Voli Smash

Smash merupakan teknik dasar permainan bola voli yang mempunyai gerakan yang kompleks, terdiri dari empat tahap, yaitu antara lain :

  1. Langkah awalan.
  2. Tolakan untuk melompat.
  3. Memukul bola saat melayang di udara.
  4. Saat mendarat kembali setelah memukul bola.

Cara Melakukan Smash Bola Voli

Berikut ini langkah-langkah melakukan smash dalam permainan bola voli :

1. Sikap permulaan, berdiri serong lebih kurang 45 derajat dengan jarak 3 hingga 4 meter dari net.

2. Gerakan :

  • Langkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa, diikuti dengan langkah kaki ke kanan yang panjang. Lalu diikuti dengan segera oleh kaki kiri yang diletakkan disamping kaki kanan (ujung kaki kiri sedikit di depan kaki kanan).
  • Sambil menekuk lutut agak rendah, kedua lengan diletakkan dibelakang badan. Setelah itu, dengan segera melakukan tolakan sambil mengayunkan lengan kedepan atas.
  • Pada saat loncatan tertinggi, segera meraih dan memukul bola sekeras-kerasnya diatas net.

3. Gerakan lanjutan

Untuk menjaga keseimbangan badan agar tidak menyentuh dan menabrak net, maka mendarat dengan menumpu pada kedua kaki sambil mengeper, kemudian mengambil sikap siap normal.

Baca: Teknik Dasar Tenis Meja

Teknik Block Permainan Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli ketiga adalah teknik block atau bendungan. Teknik blcok adalah teknik bertahan yang dilakukan diatas net. Keberhasilan melakukan bendungan dapat ditentukan oleh ketinggian loncatan dan jangkauan lengan pada bola yang sedang dipukul lawan. Teknik blok dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni block aktif dan pasif.

Block atau bendungan aktif adalah pada saat melakukan bendungan, tangan pemain digerakan dengan kuat dan letak lengan dekat sekali dengan net. Sedangkan teknik bendungan pasif adalah pada saat melakukan block, tangan pemain dijalurkan keatas tanpa ada gerakan.

Ada tahap melakukan block (bendungan) terhadap serangan lawan, yaitu meliputi :

  • Tahap pertama : bergerak menuju arah bola.
  • Tahap kedua : melompat atau take off.
  • Tahap ketiga : kontak dengan bola.
  • Tahap keempat : mendarat.

Federasi Bola Voli Dunia : FIVB

Jenis Block Pada Pada Permainan Bola Voli

Teknik Dasar Bola Voli Block
Teknik Dasar Bola Voli Block atau Bendungan

Bendungan atau block dapat dilakukan oleh satu, dua, atau bahkan tiga pemain tergantung pada kualitas pemain lawan. Berikut ini penjelasannya.

1. Block oleh Satu Pemain (Perorangan)

Cara melakukan :

  • Sikap permulaan : Berdiri menghadap net, jarak kedua kaki selebar bahu, lutut ditekuk dan kedua tangan siap didepan dada. Kemudian pandangan mengawasi gerakan bola dan memperhatikan smasher yang akan melakukan pukulan smash.
  • Gerakannya : Dengan menolakkan kedua kaki sambil menggerakkan kedua lengan keatas, kedua telapak tangan dirapatkan dan jari-jari diregangkan. Kemudian posisi kedua tangan menutup daerah yang diperkirakan menjadi sasaran lintasan bola. Tangan digerakan kearah bola, terutama gerakan pergelangan tangan.

2. Block oleh Dua atau Tiga Pemain

Bendungan atau block yang dilakukan oleh dua atau tiga orang pemain memerlukan kerjasama yang baik. Jika tidak dengan cara yang baik, maka kualitasnya hanya akan sama saja dengan bendungan perorangan.

Cara melakukannya:

  • Sebelum melompat melakukan bendungan, terlebih dahulu harus menunggu temannya mendekat, lalu bersama-sama melakukan tolakan.
  • Semua pasangan tangan pemblok membuat suatu benteng yang rapat, sehingga tidak ada celah diantara tangan yang dapat ditembus oleh bola smash.
  • Posisi tangan diatas net membentuk setengah lingkaran. Tangan-tangan yang berada pada posisi pinggir membentuk sudut dan menghadap kedalam.

Baca Juga: Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Demikian pembahasan secara lengkap mengenai Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Baca juga artikel menarik dan informatif terkait dengan sejarah olah raga lainnya. Sekian, terimakasih.