Teknik Dasar Tenis Meja Secara Lengkap dan Penjelasannya

Teknik Dasar Tenis Meja – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian dan perlengkapan yang wajib dalam permainan tenis meja, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari teknik dasar permainan tenis meja secara lengkap dan penjelasannya. Dengan membaca rangkuman materi berikut ini, diharapkan kalian dapat mengetahui berbagai teknik dalam permainan tenis meja. Oke tanpa basa-basi, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Teknik Dasar Tenis Meja

Teknik Dasar Tenis Meja

Jika kalian ingin menjadi atlet profesional olah raga tenis meja, tentu kalian harus memahami teknik-teknik dasar dalam permainan tenis meja. Secara umum, pada prinsipnya teknik dasar tenis meja dibagi menjadi 4, yaitu teknik memegang bet, teknik siap sedia, teknik pukulan dan teknik gerakan kaki atau disebut foot work. Berikut ini penjelasan keempat teknik dasar tenis meja tersebut.

Teknik Memegang Bet Tenis Meja (Grip)

Teknik yang sangat penting dalam permainan tenis meja adalah teknik dalam memegang bet atau disebut grip. Teknik memegang bet dibedakan menjadi dua, yaitu shakehand grip dan penholder grip. Berikut ini penjelasannya.

1. Pegangan Seperti Berjabat Tangan (Shakehand Grip)

Teknik pegangan shakehand dalam permainan tenis meja sangat populer terutama di negara-negara Eropa atau negara barat. Dengan teknik shakehand, seorang pemain dapat menggunakan sekaligus dua sisi bet yakni forehend dan backhand. Gambar dibawah ini menunjukkan teknik shakehand grip forehand.

Teknik Shakehend Grip Tenis Meja

2. Pegangan Seperti Memegang Tangkai Pena (Penholder Grip)

Penholder Grip atau pegangan tangkai pena dikenal pula dengan sebutan pegangan asia, walaupun akhirnya pemain Asia banyak yang menggunakan shakehand. Pada pegangan Asia, hanya satu sisi pegangan yang dapat digunakan. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar teknik dasar tenis meja dalam memegang bet jenis penholder grip berikut ini :

Teknik Penholder Grip Tenis Meja

Baca: Pengertian Permainan Tenis Meja

Teknik Siap Sedia (Stance) Tenis Meja

Teknik dasar tenis meja kedua adalah teknik siap sedia atau lebih dikenal dengan isilah stance. Stance berarti posisi kaki, badan, dan tangan dalam keadaan siap pada saat menunggu bola atau pada saat memukul bola. Ada dua bentuk teknik stance utama yang biasa digunakan dalam permainan tenis meja, yaitu meliputi :

1. Square Stance

Teknik square stance dalam permainan tenis meja adalah posisi di mana badan menghadap penuh ke meja. Posisi ini biasanya digunakan untuk setiap menerima bola servis dari lawan atau siap kembali setelah mengembalikan bola lawan. Dengan adanya satu langkah ke samping kiri, kanan, depan, belakang, maupun diagonal pemain diharapkan dapat mengembalikan bola dengan baik.

2. Side Stance

Teknik side stance merupakan teknik posisi badan menyamping, baik ke samping kanan maupun ke samping kiri. Pada side stance, jarak antara bahu ke meja atau ke net baik bahu kiri atau kanan harus ada yang lebih dekat, misalnya : stance untuk pukulan forehand bagi pemain tangan kanan, bahu kiri beserta kaki kirinya harus lebih dekat ke net.

Kemudian sebaliknya, teknik stance untuk pukulan backhand bagi seorang pemain yang menggunakan tangan kanan, maka bahu kanan dan kaki kanannya harus lebih dekat dengan net. Posisi ini digunakan dalam hampir semua gerakan memukul, kecuali pada saat menunggu bola.

Baca: Sejarah Permainan Bola Voli

Teknik Gerakan Kaki (Foot Work) Tenis Meja

Teknik dasar permainan tenis meja ketiga yang harus diperhatikan adalah teknik gerakan kaki. Foot work dalam tenis meja secara garis besarnya dibedakan atas nomor tunggal dan nomor ganda.

Foot work yang digunakan dalam nomor tunggal secara otomatis digunakan dalam nomor ganda. Jika dilihat bangunannya langkah, maka untuk nomor tunggal foot work dapat dibedakan atas satu langkah, dua langkah, tiga langkah, atau lebih. Arah gerakannya dapat ke depan, belakang, samping kanan, kiri atau diagonal.

Teknik Pukulan (Stroke) Tenis Meja

Teknik Dasar Tenis Meja Pukulan

Terdapat beberapa teknik pukulan dalam permainan tenis meja. Teknik pukulan yang dimaksud meliputi push, drive, black, chop dan service. Berikut ini penjelasannya.

1. Pukulan Push Tenis Meja

Teknik push merupakan teknik memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka. Teknik ini biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push itu sendiri dan chop dari kawan.

2. Pukulan Drive Tenis Meja

Teknik drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Besarnya sudut yang diakibatkan oleh gerakan kemiringan bet bervariasi sesuai dengan arah putaran bola dan  jatuhnya bola yang datang dari lawan,  dan tujuan pemukul itu sendiri. Teknik drive dapat digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat kita kontrol sesuai dengan keinginan.

Baca: Sejarah Permainan Sepak Bola

3. Teknik Blok Tenis meja

Teknik pukulan selanjutnya adalah teknik blok. Blok adalah teknik memukul bola dengan gerakan menghentikan atau membendung bola dengan sikap bet tertutup. Teknik block biasanya digunakan oleh seseorang untuk mengembalikan bola drive dan bola top spin atau bola dengan putaran atas.

4. Teknik Chop Tenis Meja

Teknik pukulan yang keempat adalah teknik chop atau bisa diartikan sebagai teknik memukul bola dengan gerakan seperti sedang menebang pohon menggunakan kapak. Teknik ini dapat digunakan untuk mengembalikan berbagai jenis pukulan bola dari lawan.

5. Teknik Service Tenis Meja

Teknik pukulan dalam permainan tenis meja terakhir adalah service. Service adalah teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola tersebut ke meja service, kemudian bola harus melewati atas net dan akhirnya memantul di meja lawan. Gerakan atau putaran yang diberikan pada bola biasanya bermacam-macam.

Baca Juga: Perlengkapan Tenis Meja

Demikian pembahasan secara lengkap mengenai Teknik Dasar Tenis Meja yang terdiri dari teknik grip, stance, foot work dan stroke. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Baca juga artikel terkait olah raga tenis meja atau jenis olah raga lainnya. Sekian, terimakasih.